Sebagai wanita yang senang memperhatikan penampilan, kita sering bingung memilih warna rambut, lipstik, blush on, yang cocok dengan warna kulit kita. Selama ini mungkin kamu hanya mempertimbangkan tingkat warna kulit (skintone) kamu ketika memilih make up. Tapi sebenarnya kita memiliki rona warna asli (undertone) yang tidak akan berubah walaupun skintone kita mengalami perubahan akibat terpapar sinar matahari ataupun penggunaan pencerah wajah dll.

Apa itu undertone??
Undertone adalah lapisan warna di bawah kulit yg memancarkan rona pada permukaan kulit. Warna kulit kita bisa berubah karena banyak hal, tetapi undertone tidak akan pernah berubah.

Undertone secara umum di bagi menjadi 3 : Cool/pink, Warm/yellow, Netral
                                                

Dengan memahami undertone, kita bisa mengetahui warna-warna yang dapat mengimbangi skintone kita, hasilnya adalah penampilan yang segar,cerah  dan lebih cantik tentunya. Karena jika kita memilih warna yang salah, wajah kita akan terlihat kusam dan lelah.

Banyak yang menyangka apabila ia memiliki kulit yang gelap, maka undertonenya adalah warm dan hanya cocok dengan warna-warna tanah atau sebaliknya. Padahal kenyataannya tidak selalu begitu.

Bagaimanakah cara mengetahui undertone kita?
  1. Lihat pergelangan tangan bagian dalam (pastikan dalam cahaya natural yg terang) perhatikan warna pembuluh darah kamu, jika warnanya cenderung kehijauan maka untertone kamu itu kuning atau warm, jika cenderung kebiruan atau agak ungu maka undertone kamu pink atau cool, jika tidak ada kecenderungan warna, maka undertone kamu netral.
  2. Jewellery method, gunakan perhiasan berwarna emas dan silver, jika lebih cocok menggunakan emas, undertone kamu adalah warm. Jika lebih cocok menggunakani warna silver, maka undertone kamu adalah cool. Jika cocok keduanya, maka undertone nya netral.
  3. Masih bingung juga?? kamu bisa gunakan nail polish berwarna hijau di satu tangan dan biru di tangan lainnya. Ketika tangan kamu dalam posisi menggenggam, kamu bisa gunakan warna nail polish tersebut sebagai pembanding.


Apabila udah tw skintonemu, kamu bisa juga jadiin skintone ini buat milih spf minimum yang harus kamu pake. Ini aku dapat gambarnya dari mbah google 


5 komentar:

Inge Lakawa mengatakan...

oh gt ya. nice info :D

visit my blog ^^
www.luchluchcraft.blogspot.com

diani noverta mengatakan...

nice info,,,
bsok lgsg aq cobaaa :)

ime mengatakan...

of course.. i'm followed u :)

Alfiansyah mengatakan...

Waalaikumsalam,
aku tak tahu dimana buat balas komen kamu,
tapi terima kasih sudah menjelaskan,
ada yang bilang jika widget itu mengganggu (tapi bahasa Malaysia) jadi kurang mengerti, karena q pakai laptop 14 inchi Gak kenapa2..

Happy Blogging blogger Indonesia.. ^^

mysha mengatakan...

nice article^^

ternyata aku masuk medium brown & spf 15 hmmm
selama ini pake spf di atas 25

Posting Komentar