Assalamu’alaikum Cantik..^^ Akhirnya aku bisa  juga nge-blog tentang Kosmetik HalaL, setelah beberapa kali tertunda gara-gara kemarin lagi ujian. Dan ternyata postinganku ini tepat sekali dengan di adakannya lomba Kosmetik Halal. BLOGdetik bekerja sama dengan LPPOM MUI mengadakan lomba blog ini untuk mensosialisasikan Halal Is My Life. Kali ini dengan menggandeng WARDAH, sebagai brand kosmetik yang mendapatkan sertifikasi halal pertama kali di Indonesia. Postinganku ini aku buat untuk diikutsertakan dalam lomba tersebut. Judulnya adalah :

Inspirasi cantikku dari kosmetik halal



Cantik adalah dambaan setiap orang terutama para wanita. Banyak hal yang dilakukan agar dapat tampil cantik, termasuk salah satunya dengan memakai kosmetik. Kosmetik sudah menjadi sahabat setia wanita diseluruh dunia karena dapat  membantu untuk  tampil lebih menarik. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, beragam kosmetik muncul di pasaran. Akan tetapi  sayang sekali, tidak semua kosmetik itu halal. Hal ini membuat kita sebagai seorang muslimah harus pintar memilih kosmetik yang halal dan aman untuk kulit kita, karena kita semua tau bahwa halal itu adalah hukumnya wajib bagi setiap muslim.

Hal pertama yang harus kita ketahui adalah syarat kehalalan suatu produk kosmetik tersebut.
Syarat kehalalan suatu Kosmetik menurut MUI meliputi:
  • 1 Tidak mengandung babi dan bahan bahan yang berasal dari babi
    2.Tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan seperti : bahan yang berasal dari organ manusia, darah, dan kotoran-kotoran.
    3.Semua bahan yang berasal dari hewan yang disembelih dengan syariat Islam.
    4.  Semua tempat penyimpanan tempat penjualan pengolahan dan transportasinya tidak boleh digunakan untuk babi : jika pernah digunakan untuk babi atau barang yang tidak halal lainnya terlebih dahulu dibersihkan dengan tata cara yang diatur menurut syariat.
Yang kedua ini adalah cara paling mudah bagi konsumen untuk membedakan sebuah kosmetik itu halal atau tidak adalah dengan melihat ada tidaknya label halal pada kemasan produk. Jika ada label halal resmi (seperti dibawah ini) dari MUI maka dijamin produk tersebut halal.  Kenapa ? karena MUI lah yang mengeluarkan Sertifikasi halal dari suatu produk sesuai dengan syariat islam. Sertifikasi Halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman Label Halal pada kemasan produk dengan melalui beberapa prosedur yang harus dilaksanakan oleh perusahaan tersebut. Pengadaan sertifikasi halal ini bertujuan untuk memberikan kepastian status kehalalan suatu produk, sehingga dapat membuat konsumen muslim lebih nyaman memakai produk tersebut.


Dan Kita seharusnya bersyukur bahwa Indonesia sudah mempunyai brand kosmetik sertifikasi halal yaitu Wardah. Para muslimah sudah tidak perlu khawatir dengan produk kosmetik yang tidak halal. Wardah sudah memiliki berbagai macam produk seperti Acne series, Basic Series, Lightening series, make-up, dll (Selengkapnya dapat dilihat di Website Wardah).  Kamu Bisa memilih rangkaian produk apa saja yang mau dipakai dan perlu diingat itu semua tergantung jenis kulitmu.

Brand Kosmetik yang lengkap aku pakai adalah  Wardah  (Inspiring Beauty). Jujur, Wardah memang benar-benar inspiring buat aku. Aku belajar banyak hal tentang merawat kulit semenjak menggunakan Wardah. Aku merasa sudah tidak salah pilih kosmetik lagi.


 Pertama kali aku membeli produk Wardah, aku hanya membeli two way cakenya Wardah yang golden beige tapi lama-lama aku mulai senang dengan semua produknya. Mulailah aku mengumpulkan satu persatu produk Wardah yang ingin aku pakai. Produk-produk yang sudah aku beli untuk wajah yaitu : lightening Gentle wash, lightening Facial srub, lightening facetoner, lightening milk cleanser, sunscreen, cream malam & siang n pure olive oil.. Kemudian make-upnya : eye liner, eye brow, lip pallete (pinky peach & chocoAholic) hidrogloss dan lipgloss, body carenya : oil soft scrub dan lightening hand body lotion.

Aku suka sekali dengan produk-produk Wardah karena sudah pasti halal dan aman. Aku memilih Lightening series karena menurutku rangkaian ini yang cocok untuk kulitku. Rangkaian ini diformulasikan khusus untuk mencerahkan kulit agar sehat terawat. Untuk make-up, aku suka make-up yang natural dan make-up Wardah membuat wajahku terlihat natural tapi tetap cerah dan segar. Namun Jangan khawatir, make-up Wardah sangat mudah dihapus dengan air, jadi kita tidak perlu susah menghapusnya kalau kita mau shalat. Coba kalau kita pakai make-up yang dapat menghalangi air wudhu, wudhu kita bisa jadi tidak sah.



Kemudian coba bayangkan kalau kita memakai lipstick dari bahan yang tidak halal (seperti : lemak babi), lipstick yang kita oleskan di bibir secara otomatis akan masuk ke dalam mulut kita. Dan itu sama saja dengan kita memakan barang yang haram. Dari segi Islam, kita sebagai muslim diwajibkan untuk menjauhi hal-hal terlarang dan yang diharamkan seperti babi dan khamr. Babi dan turunannya adalah haram yang mutlak dan tidak bisa ditoleransi bila tidak dalam keadaan tertentu seperti yang tersebut di dalam Quran surat Al-baqarah ayat 173 :


173. “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Berdasarkan ayat tersebut, jelas dikatakan bahwa babi dan turunannya diharamkan untuk digunakan dalam bentuk apapun termasuk untuk bahan dasar pembuatan lipstick. Begitu juga dengan produk Skin care, walaupun kita memakainya di kulit tapi tetap saja nanti akan meresap ke kulit kita kemudian masuk ke pembuluh darah kita. Walaupun sedikit, tetap saja akan masuk ke tubuh kita. Jadi kita harus hati-hati.

Banyaknya produk wardah yang aku miliki, membuatku ingin berbagi pengalamanku tentang produk wardah. Saat aku dan teman-temanku sedang istirahat di kampus, aku sering share tentang pengalamanku memakai produk wardah. Sampai ada temanku bilang kalau aku cocok jadi Sales Promotionnya Wardah.. Hehehe. Kalau Wardah memakai system MLM (multi level marketing) mungkin aku sudah dari dulu jadi membernya. Akhirnya banyak juga temenku yang ikutan menggunakan produk Wardah. Aku jadi Senang sekali, Semoga itu menjadi amal tersendiri untukku. Aamiin

Itu adalah Inspirasi cantikku  dan caraku untuk memilih kosmetik yang halal. Semua ini aku lakukan hanya untuk merawat tubuh yang telah Allah SWT berikan kepadaku.  Sekarang Giliranmu untuk memiliki kosmetik halal, Jangan ragu. Kapan lagi kalau tidak di mulai dari sekarang ?!



Semoga bermanfaat.. Be Inspiring ya Cantik :)


Referensi :


1 komentar:

Unknown mengatakan...

blog yg menyentuh

Posting Komentar